tugas 7

1.  1. Jelaskan secara singkat 5 konsep pemasaran ?

5 konsep pemasaran yaitu :

v Konsep Produksi

Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada proses produksi (internal ) bahwa konsumen hanya akan membeli produk-pruduk yang murah. Dengan demikian fokus kegiatan perusahaan yang harus dilakukan adalah efisien biaya (produksi dan distribusi) agar dapat menjual barang dengan murah kepada konsumen.

v Konsep Produk

Adalah anggapan pemasar bahwa konsumen lebih menghendaki produk-produk yang berkualitas dan berpenampilan baik. Dengan demikian tujuan bisnis perusahaan adalah pengendalian kualitas.

v Konsep Penjualan

Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada tingkat penjualan (internal) bahwa konsumen perlu dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga tercapai profil maksimum sebagai tujuan perusahaan. Dengan demikian fokus kegiatan perusahaan adalah usaha-usaha meningkatkan cara-cara penjualan dan kegiatan promosi yang intensif agar mampu mempengaruhi, membujuk (bahkan mungkin memaksa) konsumen untuk membeli sehingga penjualan dapat meningkat.

v Konsep pemasaran

Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan (eksternal) bahwa konsumen hanya akan bersedia membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan. Dengan demikian fokus kegiatan perusahaan adalah berusaha memenuhi kepuasan pelanggan melalui pemahaman perilaku konsumen yang dijabarkan dalam kegiatan pemasaran yang memadukan kegiatan-kegiatan fungsional lain (misal , kegiatan produksi, keungan, personalia, dan sebagainya)

v Konsep Pasar

Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan dan pesaing-pesaing perusahaan (persaingan pasar) bahwa produsen perlu mempunyai keunggulan pasar yang bersaing( kompetitif) untuk dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan. Fokus kegiatan perusahaan adalah disamping berusaha ,memahami perilaku konsumen dan juga berusaha memahami perilaku pesaiang untuk dapat mengatasi persaingan .


2. Sebutkan dan jelaskan beda pasar dan pemasaran ?

Pasar adalah tempat pertemuan penjual dan pembeli, tempat dimana terdapat kekuatan-kekuatan permintaan dan penawaran hingga terbentuk harga.

Pemasaran adalah suatu bsistem keseluruhan yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan usaha yang bertujuan merencanakan, menentukan harga, hingga mempromosikan dari mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan pembeli.

3. Apa beda kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran ?

Kebutuhan dalam konsep pemasaran merupakan suatu hal yang penting baik bagi konsumen maupun pemasar karena dari kebutuhan-kebutuhan tersebutlah terciptanya produk yang akan di pasarkan kepada konsumen sehingga sangat berkaitan dengan pemasar.

Keinginan merupakan suatu hal yang diinginkan dan diharapkan agar dapat memperoleh sesuatu yang di dambakan baik oleh konsumen maupun pemasar sendiri, karena seorang pemasar berkeinginana untuk bisa memuaskan konsumen serta dapat memajukan perusahaannya.


4. Jelaskan secara singkat apa yang dimaksud dengan marketing mix ?

Konsep marketing mix merupakan salah satu konsep dalam pemasaran modern pada saat sekarang ini. Dimana konsep tersebut adalah salah satu kegiatan pemasaran yang sangat menentukan keberhasilan perusahaan dalam mengejar maksimum profit.

marketing mix dapat dibagi menjadi 4 P sebagai berikut :
1 Product (Produk)
: menyangkut pemilihan barang atau jasa yang ditawarkan secara tepat
2 Price (Harga)
: menyangkut penetapan harga jual barang yang sesuai kualitas barang dan dapat dijangkau kansumen
3 Place (distribusi/tempat)
: menyangkut cara pendistribusian barang , jasa hingga sampai ketangan konsumen
4 promotion
: menyangkut pemilihan kebijakan promosi yang tepat sesuai dengan barang dan jasa yang ditawarkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s