Tugas 3

1.Jelaskan dengan singkat yang dimaksud dengan
a) pertumbuhan kesenjangan
Kesenjangan ekonomi adalah terjadinya ketimpangan dalam distribusi pendapatan antara kelompok masyarakat berpenghasilan tinggi dan kelompok masyarakat berpenghasilan rendah. Kemiskinan dan kesenjangan ekonomi merupakan 2 masalah besar di negara-negara berkembang. Di Indonesia pada awal pemerintahan Orde Baru, pemerintah menetapkan kebijaksanaan pembangunan yang disebut dengan“TRICKLE DOWN EFFECTS” yaitu bagaimana mencapai laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi dalam suatu periode yang relatif singkat.
b) kemiskinan
pendapatan lebih kecil dari pengeluaran atau Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan.
2.Sebut dan jelaskan faktor-faktor penyebab kemiskinan (min 5)
1) Rendahnya produktivitas
Pada sebagian besar negara miskin, terdapat dominasi sektor pertanian yang sangat besar. Namun kemiskinan tersebut bukan bersumber pada dominasi sektor pertanianya, karena ada beberapa negara seperti Denmark dan New Zealand yang sektor pertaniannya cukup dominan tetapi pendapatan perkapitanya tetap tinggi. Penyebab sebuah negara menjadi negara miskin adalah rendahnya produktivitas di sektor pertanian. Produktivitas sektor pertanian rendah di sebabkan karewna sempitnya luas lahan pertanian, teknologi produksi yang masih sederhana atau rendhnya keterampialn petani penggarapnya.
2) Kurangnya sarana dan prasarana ekonomi
Sarana transportasi dan komunikasi yang masih terbelakang menyebabkan pasar nasional tidak dapat berkembang optimal, sehingga pendapatan warga negaranya juga akan rendah.
3) Sektor moneter yang belum maju
Keterbelakangan sektor moneter seperti belum majunya dunia perbankan dan pasar modal, menyebabkan terhambatnya upaya pembentukan modal yang pada akhirnya juga menghambat perkembangan usaha produktif.
4) Rendahnya tingkat pendidikan dan keterampilan
Berkembangnya perekonomian sangat erat kaitannya dengan pendidikan dan keterampilan. Ironisnya, negara miskin pada umumnya tidak memiliki cukup dana untuk mengembangkan sistem pendidikan dan pelatihan yang memadai.
5) Rendahnya tabungan
Rendahnya tabungan disebabkan karena sebagian pendapatan digunakan untuk konsumsi, artinya jumlah uang yang ditabung merupakan sisa pendapatan yang telah dibelanjakan untuk konsumsi.
3.sebutkan dan jelaskan program pemerintah saat ini untuk menanggulangi kemiskinan di Indonesia (min 5)
1) Pembangunan pertanian
Pembangunan dalam bidang pertanian telah memberikan kontribusi yang cukup bnesar dalam ,mengurangi kemiskinan, terutama daerah pedesaan. Kontribusi terbesar baghi peningkatan pendapatan pedesaan dan pengangguran kemiskinan pedesaan dihasikan dari adanya revolusi teknologi dalam pertanian padi, termasuk pembanguan irigasi, dan meningkatkan produksi tanaman berat.
2) Pembangunan sumber daya manusia
Perbaikan akses terhadap konsumsi pelayanan sosial (pendidikan, kesehatan, dan gizi) merupakan alat kebijakan penting dalam strategi pemerintah secar keseluruhan untuk mengurangi kemiskinan dan memperbaiki kesejahteraan penduduk Indonesia. Pendidikan berperan penting dalam mengurangi kemiskinan dalam jangka panjang baik secara langsung melalui produktivitas dan efisiensi secara umum maupun secara tidak alngsung malalui pelatihan golongan miskin dengan keterampilan yang diperlukan untuk meningkatkan produktivitas mereka dan pada gilirannya akan meningkatkan pendapatan mereka.
3) Peranan lembaga swadaya masyarakat (LSM)
LSM memainkan peranan penting dalam perancangan dan implementasi program pengurangan kemiskinan. Karena fleksibilitas dan pengetahuan tentang komunikasi yang dibina, LSM dapat menjangkau golongan miskin secara efektif.
4) Membuka lapangan kerja baru
Strategi kebijakan pemerintah untuk menanggulangi persoalan kemiskinan adalah dengan membka lapangan kerja baru memerlukan dana dalam jumlah yang besar. Kebutuhan dana untuk menambah lapangan kerja bisa ditutup dengan mengurangi pengeluaran negara yang mencakup pengeluaran rutin dan pembangunan.
5) Peranan pendidikan
Peranan pendidikan ini sangat penting bagi masyarakat. Contohnya saja adanya pendidikan sebagai pemberantas kebodohan yang menyebabkan kemiskinan di negara kita ini.
Sumber :
• Pengertian KESENJANGAN EKONOMI
http://id.wikipedia.org/wiki/Kemiskinan
• Referensi buku SMA kelas 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s