Organisasi dan Manajemen

ORGANISASI KOPERASI

Organisasi koperasi adalah suatu cara atau sistem hubungan kerja sama antara orang-orang yang mempunyai kepentingan yang sama antara orang-orang yang mempunyai kepentingan yang sama dan bermaksud mencapai tujuan yang ditetapkan bersama-sama dalam suatu wadah koperasi.

Sebagai organisasi koperasi mempunyai tujuan organisasi yang merupakan kumpulan dari tujuan-tujuan individu dari anggotanya, jadi tujuan koperasi sedapat mungkin harus mengacu dan memperjuangkan pemuasan tujuan individu anggotanya, dalam operasionalnya harus sinkron.

BENTUK ORGANISASI

Hanel :

l  Suatu sistem sosial ekonomi atau sosial tehnik yang terbuka dan berorientasi pada tujuan

l  Sub sistem koperasi:

  •   individu (pemilik dan konsumen akhir)
  •   Pengusaha Perorangan/kelompok ( pemasok / supplier)
  •   Badan Usaha yang melayani anggota dan masyarakat

Ropke :

l  Identifikasi Ciri Khusus

  •   Kumpulan sejumlah individu dengan tujuan yang sama (kelompok koperasi)
  •   Kelompok usaha untuk perbaikan kondisi sosial ekonomi (swadaya kelompok koperasi)
  •   Pemanfaatan koperasi secara bersama oleh anggota (perusahaan koperasi)
  •   Koperasi bertugas untuk menunjang kebutuhan para anggotanya (penyediaan barang dan jasa)

l  Sub sistem

  •   Anggota Koperasi
  •   Badan Usaha Koperasi
  •   Organisasi Koperasi

Di Indonesia :

Bentuk : Rapat Anggota, Pengurus, Pengelola dan Pengawas

Rapat Anggota,

  •   Wadah anggota untuk mengambil keputusan
  •   Pemegang Kekuasaan Tertinggi, dengan tugas :
  •   Penetapan Anggaran Dasar
  •   Kebijaksanaan Umum (manajemen, organisasi & usaha koperasi)
  •   Pemilihan, pengangkatan & pemberhentian pengurus
  •   Rencana Kerja, Rencana Budget dan Pendapatan serta pengesahan Laporan Keuangan
  •   Pengesahan pertanggung jawaban
  •   Pembagian SHU
  •   Penggabungan, pendirian dan peleburan

 

HIRARKI TANGGUNG JAWAB

Pengurus

l  Tugas

  •   Mengelola koperasi dan usahanya
  •   Mengajukan rancangan Rencana kerja, budget dan belanja koperasi
  •   Menyelenggaran Rapat Anggota
  •   Mengajukan laporan keuangan & pertanggung jawaban
  •   Maintenance daftar anggota dan pengurus

l  Wewenang

  •   Mewakili koperasi di dalam & luar pengadilan
  •   Meningkatkan peran koperasi

Pengawas

l  Perangkat organisasi yang dipilih dari anggota dan diberi mandat untuk melakukan pengawasan terhadap jalannya organisasi & usaha koperasi

l  UU 25 Th. 1992 pasal 39 :

  •   Bertugas untuk melakukan pengawasan kebijakan dan pengelolaan koperasi
  •   Berwenang untuk meneliti catatan yang ada & mendapatkan segala keterangan yang diperlukan

Pengelola

  •   Karyawan / Pegawai yang diberikan kuasa & wewenang oleh pengurus
  •   Untuk mengembangkan usaha dengan efisien & profesional
  •   Hubungannya dengan pengurus bersifat kontrak kerja
  •   Diangkat & diberhentikan oleh pengurus

 

POLA MANAJEMEN

  •   Menggunakan gaya manajemen yang partisipatif
  •   Terdapat pola job description pada setiap unsur dalam koperasi
  •   Setiap unsur memiliki ruang lingkup keputusan yang berbeda (decision area)
  •   Seluruh unsur memiliki ruang lingkup keputusan yang sama (shared decision areas)

Sumber : http://ahim.staff.gunadarma.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s