Peranan Koperasi

Peranan Koperasi

Berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar diklasifikasikan menjadi 2 macam :

1. Pasar dengan persaingan sempurna (perfect competitive market)
2. Pasar dengan persaingan tak sempurna (imperfective competitive market), yaitu : Persaingan Monopolistik(Monopolistic Competion), Monopsoni dan Oligopoli.

Peranan koperasi di berbagai keadaan persaingan :

1. Di Pasar Persaingan Sempurna
– Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak
– Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
– Perusahaan bebas untuk masuk dan keluar
– Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna

2. Di Pasar Monopolistik
– Banyak penjual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
– Produk yang dihasilkan tidak homogen
– Ada produk substitusinya
– Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
– Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya

3. Di Pasar Monopsoni
– Banyak penjual atau pengusaha tetapi hanya ada satu pembeli

4. Di Pasar Oligopoli
– Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan (penjual) yang menguasai pasar
– Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan non harga

Untuk menghindari perang harga, perusahaan akan mengadakan product defferentiation dan memperluas pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi, membedakan mutu dan bentuk produk.

• Penawaran Harga yang bersifat Predator
• Price Leadership : oleh Perusahaan dengan Biaya Terendah

sumber :
id.wikipedia.org/wiki/Koperasi, http://artikel-ekonomi-bisnis.blogspot.com/2011/11/peranan-koperasi.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s