Sistem Ekonomi Untuk Memecahkan Masalah Ekonomi

Masalah ekonomi adalah apa barang yang di produksi (what), bagaimana barang tersebut diproduksi (how), dan untuk siapa barang tersebut di produksi (whom). Jawaban atas 3 pertanyaan what, how, dan whom menunjukkan sistem ekonomi yang dianut oleh suatu bangsa atau negara.

Sistem ekonomi merupakan serangkaian ekonomi yang saling berhubungan dan saling tergantung satu dengan yang lainnya dalam rangka mencapai suatu tujuan perekonomian. Pada dasarnya ada 3 sistem ekonomi yang dikenal yaitu, sistem ekonomi kapitalis, sosialis, dan campuran.

Sistem ekonomi kapitalis adalah sistem ekonomi dimana seluruh kegiatan ekonomi baik kegiatan produksi, konsumsi, maupun diatribusi diatur oleh swasta. Dalam sistem ekonomi kapitalis murni seluruh sumber daya yang ada, dimiliki dan dikuasi oleh anggota masyarakat untuk dikembangkan secara bebas. Jawaban atas pertanyaan what, how, dam whom ditentukan melalui pilihan sukarela atas dasar kepentingan pribadi yang rasional dan dibuat di pasar bebas. Kegiatan perekonomiannya diatur oleh pemerintah pusat begitu juga dengan 3 pertanyaan tersebut dilakukan oleh pemerintah pusat.

Sistem ekonomi sosialis adalah sistem ekonomi dimana seluruh kegiatan ekonomi baik kegiatan produksi, distribusi, maupun konsumsi diatur negara atau pusat.

Sistem ekonomi campuran adalah sistem ekonomi yang mengkombinasikan sistem ekonomi kapitalis dengan sistem ekonomi sosial.dalam sistem ekonomi campuran persolan dan organisasi perekonomian dipecahkan denga cara bekerja sama antara pemerintah dan swasta.

Di Indonesia pengaturan kegiatan ekonomi untuk menjawab pertanyaan what, how, dan whom dilakukan oleh pemerintah dan masyarakan atau swasta secara bersama-sama, berdasarkan asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s