Prospek Investasi di Indonesia

Bagaimanakah prospek investasi di Indonesia ?. Sebelum kita membahas itu, sebaiknya kita bahas apa itu prospek dan investasi sendiri. Prospek merupakan kondisi yang akan dihadapi oleh perusahaan dimasa yang akan datang baik kecenderungan untuk meningkatkan atau menutup. Kondisi ini dipengaruhi oleh berbagai peluang dan ancaman yang dihadapi. Prospek juga diartikan sebagai kebijakan perusahaan untuk meningkatkan kinerja penjualan dengan meraih peluang yang ada serta mengatasi berbagai hambatan dan ancaman baik dalam jangka panjang maupun jangkan pendek. Sedangkan investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang.

Jadi prospek investasi adalah kebijakan perusahaan untuk meningkatkan kinerja penjualan yang diambil oleh sang penanam modal atau investor untuk menginvestasikan hartanya dengan kondisi yang akan dihadapi oleh perusahaan dimasa yang akan datang baik kecendrungan untuk meningkatkan atau menutup kedalam suatu lembaga atau perusahaan yang sedang dikelola. Prospek investasi sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi satu negara. Semakin banyak aliran dana investasi lokal maupun asing dengan sendirinya akan membuka lapangan pekerjaan, sehingga pertumbuhan ekonomi juga semakin meningkat. Dibutuhkan kerja keras, infrastruktur, serta situasi keamanan yang mendukung iklim investasi menjadi terbuka.

Sebenarnya peluang investasi di Indonesia begitu besar. Profil Indonesia adalah negara besar yang kaya sumber daya alam . Jelas saja banyak investor dari luar maupun dalam negeri yang menanamkan modalnya di negara kita ini. pemerintah melalui BKPM berusaha untuk menyelesaikan beragam permasalahan praktis yang terjadi di lapangan seperti rumit dan lamanya proses persetujuan izin investasi, menyamakan pelakuan terhadap investor asing dan domestik, dilanjutkan dengan meningkatkan kejelasan peraturan investasi di Indonesia. Kalau saja pemerintah lebih jeli lagi dalam penerapan aturan-aturan investasi, membangun infastruktur yang merata di  seluruh Indonesia, maka pertumbuhan ekonomi di Indonesia akan meningkat tajam. Perlunya peran pemerintah sangat berarti bagi para investor.

Salah satu sektor di Indonesia yang menarik untuk investasi saat ini adalah komoditas seperti batu bara dan minyak sawit. Seperti industri batubara di Sumatera Selatan yang bahkan diekspor di Negara Malaysia (interkoneksi Sumatera-Malaysia). Iklim investasi ini dapat menarik calon investor yang berminat dalam penambangan batubara di Sumatera Selatan sekaligus membangun usaha pertambangan untuk ekspor/domestik.

Kemudian investasi kelapa sawit di Kalimantan Timur yang dilirik oleh Dubes Brunai Darussalam untuk Indonesia Datu Mahmud Haji Saidin yang melakukan kunjungan ke Kalimantan Timur guna menjajaki peluang investasi perkebunan kelapa sawit. Dia mengatakan, selama ini telah mendengar program pengembangan sejuta hektar kelapa sawit di Kaltim yang dinilai cukup berhasil di Kaltim. Karena itu Brunei Darussalam tertarik menjajaki pola bisnis maupun investasi pada sektor kelapa sawit ini.

Prospek investasi properti di Indonesia pun cukup menjanjikan karena produk investasi tersebut memiliki tingkat keamanan lebih baik dibandingkan jenis lain yang ditawarkan kepada masyarakat di Tanah Air. Bukankah Indonesia begitu kaya dengan SDA dan SDM nya. Jika kita bisa mengelola lebih baik lagi, mungkinkah kita akan menjadi negara yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Indonesia masih ideal sebagai ladang menanam modal. Banyak pakar dan pengamat ekonomi Indonesia sepakat ekonomi Indonesia saat ini dalam kondisi prima. Di tahun 2012 ini, para investor Indonesia mulai melirik beberapa prospek beberapa instrumen investasi yang menjadi tumpuan harapan investor Indonesia, yaitu :

  • Reksadana Pasar Uang
  • Reksadana Saham
  • Reksadana Campuran
  • Reksadana Pendapatan Tetap
  • Saham Bluechips
  • Saham Secondliner
  • Tabungan dan Deposito
  • Obligasi Korporasi
  • SUN
  • ORI
  • Property Rumah
  • Apartemen
  • Kios dan Ruko
  • Agribisnis
  • Waralaba
  • Valuta Asing
  • Komoditas
  • Logam Mulia

Peluang investasi masih sangat besar buat Indonesia. Sekarang, tinggal dari sisi Indonesia sendiri dalam memanfaatkan peluang tersebut. Upaya pembenahan, sudah tentu harus dilakukan, agar investasi ke Indonesia mengucur. Lalu, permasalahan yang selama ini timbul perlu diatasi sehingga investor dapat berinvestasi dengan baik di tanah air

Dibutuhkan kesabaran dari semua pihak baik pemerintah, pelaku bisnis, dan investor. Ia menuturkan, yang dikedepankan seharusnya bukan hanya kuantitas dari investasi, tetapi juga kualitasnya. Kunci dari kesuksesan investasi di Indonesia adalah kerja sama semua pihak, yakni pemerintah, pelaku bisnis, dan investor. Peluang investasi di Indonesia sangat besar mengingat Indonesia adalah negara berkembang.

Sumber :

Muhammad Lutfi, Kepala Badan Koordinasi penanaman Modal (BKPM)

http://www.antaranews.com/berita/1307876425/peluang-investasi-di-indonesia-harus-dimanfaatkan-maksimal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s