Psikologi

Dari buku yang saya baca tentang psikologi, Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia yakni tingkah laku manusia dalam interaksi dengan lingkungan sekitarnya. Manusia tidak dapat dipelajari lepas dari segala yang melingkupinya, melainkan selalu dalam suatu hubungan dengan lingkungannya. Apakah ia berada dalam lingkungan rumahnya, keluarga, sekolah, kantor ataukah rumah sakit. Jadi manusia selalu hidup dan berada dalam suatu lingkungan.

Istilah dari psikologi yaitu, dari kata psike yang berarti jiwa dan logos yang berarti pengetahuan. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa dan tingkah laku manusia. Jadi dalam psikologi adalah bagaimana kita dapat mempelajari jiwa seorang manusia berikut tingkah lakunya.

Jiwa tidak dapat dilihat tapi dapat dirasakan. Apa yang dapat kita ketahui mengenai jiwa, bukanlah dalam bentuknya tetapi adanya jiwa. Kita bisa mengetahui tidak adanya jiwa melalui tingkah laku seseorang. Seseorang dapat berjalan, berbicara, tersenyum, berpikir, dan lain sebagainya. Dengan begitu kita dapat mengetahui dan mempelajari jiwa seseorang tersebut melalui tingkah lakunya.

Contohnya jika kita ingin mengetahui jiwa seseorang, seperti ada seorang anak ynag sedang menangis ketakutan, pasti ada sesuatu yang menyebabkan ketakutannya. Kita dapat melihat dari wajahnya yang pucat, lalu tangisnya dan sikapnya yang menghindar terhadap sesutu yang ia takuti. Masih banyak contoh lain yang dapat menunjukkan bahwa perbuatan atau tingkah laku seseorang selalu ada hubungannya dengan sesuatu yang berasal dari lingkungannya dan mengenai dirinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s