Tokoh-Tokoh Klasik Ekonomi

Dalam dunia ekonomi kita tidak luput dari para tokoh yang berjasa dalam perkembangan perekonomi dunia. Berikut adalah biografi dari tokoh-tokoh klasik ekonomi :

Wassily Leontif ( peraih nobel ekonomi tahun 1973), lahir pada tanggal 5 Agustus 1906. Wassily memperoleh gelar ekonomi utama (Learned Economist) di tahun 1925. Wassily juga menjadi anggota staf Institut for word Economics di University of Kiel dari 1927 hingga 1930, Wassily melakukan riset tentang kurva statistik penawaran dan permintaan.

 

Joseph E. Stiglitz, lahir pada tahun 1943 di Gary, Indiana. Beliau peraih nobel ekonomi pada tahun 2001. Stiglitz adalah pakar dan pengajar terkenal dari cabang baru ilmu ekonomi yang telah menciptakan “ Ekonomi Informasi “. Beliau merintis konsep sangat penting seperti teori-teori pemilihan kerugian dan resiko, yang kini telah menjadi sarana standar kebijakan para analis dan para pakar teori ekonomi.

 

 

Irving Fisher (1867-1947). Irving Fisher adalah tokoh klasik ekonomi. Beliau lahir di New York pada tahun 2867 dan memiliki spesialisasi di bidang matematika. Teorinya sangat berpengaruh adalah angka indeks yang digunakan untuk mengukur perbandingan perubahan-perubahan secar relatif pada berbagai gejala atau fenomena dari waktu ke waktu, bulan ke bulan, atau tahun ke tahun dan dapat juga digunakan untuk menghitung inflasi.

 

 

John Maynard Keynes (1883-1946). Lahir 5 Juni 1883 di Cambridge. Keynes adalah seorang tokoh yang sangat berpengaruh dalam sejarah ilmu ekonomi. Beliau melakukan revolusi ekonomi dengan buku klasiknya yang berjudul The General Theory of Employment Interest and Money pada tahun 1936. Teorinya masih digunakan dalam pemerintahan sampai 20 abad lamanya. Keynes dibesarkan dalam lingkungan elit institusi Inggris yaitu British Elite Institution-Eton dan King’s Collage Cambridge. Pada tahun 1923, beliau menerbitkan pemikirannya di bidang reformasi moneter yang mempunyai konstribusi dalam Cambridge-Cash-Balance Theory of Money.Karena merekalah perekonomian di dunia menjadi berkembang. Kemudian kitalah yang meneruskan perjuangan mereka dalam dunia ekonomi, dengan membangun perekonomian yang modern dan maju untuk kedepan yang lebih baik.

sumber : buku SMA Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s