Sejarah Penemuan Sel

Apa itu sel ?. Siapa yang pertama kali mengemukakannya ?. Dari buku Biologi SMA yang saya baca, setiap organisme resusun atas sel. Sel merupakan unit struktural dan unit fungsional tubuh organisme terkecil. Artinya, sel merupakan penyusun tubuh organisme dan dilam sel berlangsung fungsi hidup yang terjadi di dalam tubuh organisme. Untuk melaksanakan fungsi hidup, sel telah dilengkapi dengan berbagai organel.

Istilah sel pertama kali dikemukakan oleh Robert Hooke seorang ahli fisika dan matematika. Dengan menggunakan mikroskop sederhana temuannya, Hooke berhasil mengamati sayatan gabus tutup botol. Dalam pengamatannya tersebut, sayatan gabus terlihat seperti kamar-kamar kecil yang dipisahkan oleh dinding tebal yang menyerupai sarang lebah dan kamar-kamar kecil tersebut dinamakan sel.

Selain Roobert Hooke, Antonie Van Leeuwenhoek juga pada awal abad 17, berhasil melihat benda-benda aneh yang terdapat dalam setetes air rendaman jerami dengan menggunakan mikroskop sederhana rancangannya. Pada tahun 1809, Jean Baptiste de Lamarck menyatakan bahwa setiap badan hidup adalah kumpulan sel-sel. Kemudian dua ilmuwan berkembangsaan Jerman, Mathias Schleiden seorang ahli botani dan Theodore Schwann seorang ahli zoologi, menyatakan bahwa semua kehidupan, baik hewan mauun tumbuhann tersusun atas sel.

Berkat perkembangan ilmu dan teknologi optik pembesaran objek, mendorong penelitian tentang sel. Organisme sel yang selama ini hanya merupakan teka-teki, dapat terjawab dengan baik. Penemuan ini semakin mendorong manusia untuk menggali rahasia yang tersimpan di dalam sel.

sumber : buku SMA Biologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s