Gen Bulu Babi Mirip Manusia

Landak laut atau disebut juga bulu babi (Echinoidea) merupakan hewan yang biasanya hidup di daerah pantai, atas batu karang, dasar laut, dalam lumpur, sumur-sumuran daerah pantai,  muara sungai (dengan membenamkan diri di tanah liat atau di bawah karang). Hewan-hewan yang termasuk kelas ini berbentuk bundar tak berlengan, tetapi memilki duri yang dapat digerakkan.

Siapa menyangka kalau salah satu saudara tua manusia adalah mahkluk kecil berduri dan tak bertulang belakang ini yang hidup di dasar laut. Urutan kode DNA-nya emiliki banyak kesamaan denagn DNA manusia. “Bulu babi tidak lebih mirip dengan manusia dibandingkan lalat buah, tapi 70 persen gen milik bulu babi memiliki kemiripan dengan manusia sementara pada lalat buah hanya 40 persennya saja”, kata George Weinstock dari sekolah kedokteran Baylor, AS yang memimpin proyek perguruan DNA bulu babi.

Dalam laporan khusus yang dimuat jurnal science, para peneliti mendeskripsikan genom seekor bulu babi berwaran ungu. Tidak hanya gen yang mirip, bulu babi dan manusia memiliki kemiripan sistem kekebalan tubuh, sehingga penemuan ini bisa menjadi dasar pengembangan sistem pengobatan baru.

Analisis terhadap genom bulu babi menunjkkan bahwa bulu babi memiliki sistem kekebalan tubuh dan kepekaan gen yang unik dan kompleks. Hal ini dapat menjelaskan mengapa hewan tersebut bisa bertahan hingga 100 tahun. Di luar dugaan, mereka memiliki sistem kekebalan turunan yang sangat beragam. Sementara sistem kekebalan tubuh manusia harus mempelajari benda asing yang memebahayakan tubuh sebelum menangkalnya, tubuh bulu babi memiliki kemampuan langsung mendeteksi bakteri dan virus berbahaya dan membinasakannya. Kemampuan ini dapat di pelajari untuk mengembangkan sistem pengobatan baru melawan pwnyakit. Beberapa gen yang dimiliki bulu babi juga diketahui mirip dengan gen manusia yang menyebabkan penyakit distropi otot dan penyakit hungtington.

Sumber : buku SMA Biologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s