Tugas Softskill : Jika Aku Menjadi Akuntan Direktorat Jenderal Pajak (DJP)

Jika saya menjadi seorang akuntan di Direktorat Jenderal Pajak atau DJP saya akan melaksanakan tugas dengan baik, mengutamakan kejujuran, menegakkan keadilan, dan bertanggung jawab dalam bekerja. Saya akan memberikan yang terbaik untuk negara dan masyarakat dengan mematuhi etika sebagai seorang akuntan DJP dan mematuhi kode etik sebagai seorang pegawai DJP.

Saya akan bersikap jujur dan lugas terhadap klien, bekerja secara efisien dan profesional. Memberikan pelayanan dan informasi yang jelas kepada klien dengan sebaik-baiknya. Membangun kepercayaan klien dengan menjaga informasi pribadi klien dan membangun kepercayaan masyarakat dan merubah opini masyarakat menjadi baik tentang profesi seorang akuntan DJP. Membangun dan menegakkan perilaku etis dalam lingkungan DJP dalam bentuk perilaku yang baik, selalu hormat kepada orang lain, dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

            Saya akan melakukan harapan masyarakat untuk tata kelola yang baik sebagai seorang akuntan yang baik. Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi harapan publik.

1. Fisik : dalam hal pemakaian media saya akan memanfaatkan media komputer sebagai pengganti pemakaian kertas untuk mengurangi penebangan pohon yang berlebihan.

2. Moral : saya akan bertindak jujur, adil, dan transparan dalam bertugas. Tidak membeda-bedakan golongan baik kepada individu ataupun kelompok.

3. Aktivis pemangku kepentingan : saya akan memberikan pelayanan dan informasi dengan baik kepada klien dengan tidak memungut upah atau imbalan dari klien.

4. Ekonomi : saya akan bersikap transparan terhadap laporan keuangan agar masyarakat tahu dan bisa menilai laporan keuangan tersebut.

5. Persaingan : saya akan mematuhi kewajiban dan larangan khususnya sebagai seorang akuntan DJP dan akan bersaing secara sehat.

6. Penyimpangan keuangan : saya tidak akan melakukan penggelapan dan saya akan melaporkan jika ada penyimpangan keuangan yang dapat merugikan keuangan negara.

7. Kegagalan tata kelola : membuat reformasi tata kelola dengan baik untuk kepentingan umum dengan menerapakan etika di dalamnya.

8. Akuntabilitas : saya akan memberikan informasi yang jelas, lengkap, dan benar kepada klien dan terutama kepada para pemangku kepentingan.

9. Sinergi : saya akan selalu melakukan perubahan yang positif demi terciptanya kualitas kerja yang baik bagi masyarakat dan klien.

10. Penguatan hukum kelembagaan : dengan menggunakan pendekatan etika, dalam hal ini DJP merumuskan kode etik pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak. Dan berpedoman pada undang-undang yang berlaku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s