Tugas Akuntansi Internasional

Tugas Akuntansi Internasional

 

Bursa Efek Jepang

 

1.         Tokyo Stock Exchange (TSE)

            Bursa Saham Tokyo (Tokyo Stock Exchange, (TSE)) adalah bursa saham yang terletak di Tokyo, Jepang. Didirikan pada 15 Mei 1878. TSE didirikan sebagai gaisha Kabushiki dengan sembilan direksi, auditor empat dan delapan pejabat eksekutif. Kantor pusatnya terletak di 2-1 Nihonbashi -Kabutocho, Chūō, Tokyo , atau “Kabutocho”, yang merupakan terbesar distrik keuangan di Jepang . Jam operasional nya adalah 9:00-11:30, dan 12:30-03:00 Dari tanggal 24 April 2006, sesi perdagangan siang dimulai pada waktu biasa dari pukul 12.30 WIB.            

            Perdagangan dimulai di sana pada 1 Juni pada tahun yang sama. Bursa ini ditutup selama Perang Dunia II setelah pengorganisasian kembali, perdagangan dilanjutkan pada 16 Mei 1949 .Pada18 Januari 2006, akibat dugaan penggelapan uang di perusahaan Internet besar bernama Livedoor, terjadi penjualan saham besar-besaran yang mengakibatkan TSE untuk pertama kalinya ditutup lebih awal karena volume perdagangan pada hari tersebut telah mencapai jumlah yang hampir melampaui kapasitas sistem komputer di TSE sebesar 4,5 juta perdagangan per hari.

            Jepang sebagai Negara kepulauan dan Negara maju memiliki 3 bursa efek dari sebelum perang dunia kedua (1940-1945) yaitu di Tokyo, Osaka dan Nagoya. Setelah perang usai bermunculan bursa efek baru menjadi 9 bursa efek.  Jepang dengan kondisi hancur lebur setelah perang dunia kedua, cepat pulih dengan mobilisasi dana masyarakat melalui bursa efek di Fukuoka, Hirosima, Niigata, Kyoto dan Sapporo. Jepang juga mendirikan pasar ketiga atau over the counter di Tokyo tahun 1941 yang diberi nama Japan Securities Dealers Association (JSDA). Sistem perdagangan bursa efek di kota tersebut mengikuti sistem perdagangan di Tokyo Stock Exchange yaitu investor jual dan investor beli melakukan order kepada broker efek, kemudian broker efek meneruskan order kepada saitori, yaitu petugas bursa yang bertugas mempertemukan order jual dan order beli. Perdagangan efek dilakukan di trading floor bursa efek oleh para broker dan saitori. Selain itu, investor juga dapat memesan melalui kantor-kantor broker efek yang terletak di luar gedung bursa yang akanmeneruskan order investor tersebut kepada floor tradernya yang ada di trading floor bursa efek.

 

 

 

2.         Bursa Efek Nagoya (NSE)

            Bursa Efek Nagoya (NSE) adalah penerus Nagoya Bursa Efek Co Ltd, yang didirikan pada tahun 1886. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1949 sebagai sebuah perusahaan dengan perusahaan efek sebagai anggota di bawah persyaratan Securities and Exchange Law.Pada tahun 2002, Nagoya Stock Exchange, Inc didirikan setelah demutualisasi dari NSE. Bursa Efek Nagoya adalah sebuah perusahaan saham yang menyediakan Exchange Securities Market di bawah otorisasi dari Perdana Menteri.

 

3.         Jepang Efek Group, Inc

            Jepang Efek Group, Inc adalahAsian jasa keuangan perusahaan yang mengoperasikan beberapa bursa efek termasuk Bursa Efek Tokyo dan Osaka Securities Exchange . Ini dibentuk oleh penggabungan dua perusahaan pada tanggal 1 Januari 2013. Ini adalah dunia ketiga terbesar (di belakang NYSE Euronext dan NASDAQ OMX Grup ) dan bursa terbesar di Asia.

 

4.         Osaka Securities Exchange (OSE)

            Osaka Securities Exchange Co, Ltd adalah yang terbesar kedua bursa efek di Jepang , dalam hal jumlah bisnis yang ditangani, didirikan pada Juni 1878. Pada tanggal 31 Desember 2007, Osaka Securities Exchange memiliki 477 perusahaan yang terdaftar dengan kapitalisasi pasar gabungan sebesar USD 212 miliar. The Nikkei 225 Futures , diperkenalkan di Osaka Securities Exchange pada tahun 1988, sekarang menjadi indeks berjangka yang diakui secara internasional. Berbeda dengan Bursa Efek Tokyo , yang terutama berkaitan dalam perdagangan spot, kekuatan Osaka Securities Exchange adalah produk derivatif. The OSE adalah Derivatives Exchange terkemuka di Jepang dan itu pasar berjangka terbesar di dunia pada tahun 1990 dan 1991. Menurut statistik dari tahun 2003, Osaka Securities Exchange menangani 59% dari pasar indeks harga saham berjangka di Jepang, dan hampir 100% dari perdagangan di pasar opsi. Osaka Securities Exchange Co, yang terdaftar di pasar Hercules untuk startups pada bulan April 2004 adalah satu-satunya bursa efek Jepang yang go public di pasar sendiri.

 

Standar Akuntansi Jepang

            Jepang mempertimbangkan untuk menunda adopsi standar akuntansi global, International Financial Reporting Standard (IFRS) dengan pertimbangan bahwa andaikan adopsi IFRS dipaksakan bagi perusahaan-perusahaan yang terdaftar di bursa saham akan mengganggu pertumbuhan perusahaan-perusahaan di jepang dan akan menyebabkan beban administrasi yang besar.

            Menurut assisten menteri keuangan Jepang, Shozaburo Jimi mengemukakan, “andaikan  perusahaan-perusahaan Jepang diperlukan untuk  memberlakukan IFRS, maka akan membutuhkan cukup waktu, lima sampai tujuh tahun, untuk persiapan”. Jepang menunda pengenalan wajib standar akuntansi global setelah tanggal target awal tahun 2015.

Langkah untuk mengadopsi standar akuntansi internasional semakin cepat bergulir setelah terus menerus didorong oleh para regulator. Di Jepang, tahun 2009 Business Accounting Council telah mengusulkan agar semua perusahaan yang terdaftar di bursa saham Jepang menggunakan IFRS sebagai acuan untuk menyusun Laporan Keuangan Konsolidasi mereka untuk tahun yang berakhir di 2015 atau 2016. Regulator menjadwalkan tahun depan untuk memutuskan apakah perubahaan standar ke IFRS akan diberlakukan sebagai mandat (wajib) bagi Jepang.

 

Sistem Akuntansi Jepang

            Akuntansi dan pelaporan keuangan di Jepang mencerminkan gabungan berbagai pengaruh domestic dan internasional. Dua badan pemerintah yang terpisah bertanggung jawab atas regulasi akuntansi dan hukum pajak penghasilan perusahaan di Jepang memiliki pengaruh lebih lanjut pula. Pada paruh pertama abad ke-20, pemikiran akuntansi mencerminkan pengaruh Jerman pada paruh kedua, ide-ide dari AS yang berpengaruh. Akhir-akhir ini, pengaruh badan Badan Standar Akuntansi Internasional mulai dirasakan dan pada tahun 2001 perubahan besar terjadi dengan pembentukan organisasi sector swasta sebagai pembuat standar akuntansi.

            Jepang merupakan masyarakat tradisional dengan akar budaya dan agama yang kuat. Kesadaran kelompok dan saling ketergantungan dalam hubungan pribadi dan perusahaan berlawanan dengan hubungan independen yang wajar diantara individu-individu dan kelompok di negara-negara barat. Perusahaan Jepang saling memiliki ekuitas saham satu sama lain, dan sering kali bersama-sama memiliki perusahaan lain. Investasi yang saling bertautan ini menghasilkan konglomerasi industri yang meraksasa yang disebut sebagai keiretsu. Bank sering kali menjadi bagian dari kelompok industri besar ini.

 

Pelaporan Keuangan

            Perusahaan yang didirikan menurut hukum komersial diwajibkan untuk menyusun laporan wajib yang harus mendapat persetujuan dalam rapat tahunan pemegang saham yang berisi:

  1. Neraca
  2. Laporan laba rugi
  3. Laporan atas perubahan ekuitas pemegang saham
  4. Laporan bisnis
  5. Jadwal terkait

           

            Catatan yang menyertai neraca dan laporan laba rugi menjelaskan kebijakan akuntansi dan memberikan detail pendukung . Laporan usaha berisi garis besar usaha dan informasi mengenai operasi, posisi keuangan dan hasil operasi. Sejumlah skedul pendukung juga wajib dibuat, terpisah dari catatan atas laporan keuangan, yang meliputi:

  1. Perubahan dalam modal saham dan cadangan wajib
  2. Perubahan dalam obligasi dan utang jangka panjang dan jangka pendek
  3. Perubahan dalam aktiva tetap dan akumulasi depresiasi
  4. Aktiva dalam penjaminan
  5. Jaminan utang
  6. Perubahan dalam provisi
  7. Jumlah yang terutang kepada dan yang tertagih dari pemegang saham pengendali
  8. Kepemilikan ekuitas dalam anak perusahaan dan jumlah lembar saham perusahaan yang dimiliki oleh anak perusahaan tersebut.
  9. Piutang yang berasal dari anak perusahaan
  10. Transaksi dengan direktur, auditor wajib, pemegang saham pengendali dan pihak ketiga yang menimbulkan konflik kepentingan
  11. Remunerasi yang dibayarkan kepada direktur dan auditor wajib
    Informasi ini disusun untuk satu tahun tunggal berdasarkan suatu induk perusahaan dan diaudit oleh auditor yang berwenang. Hukum komersial tidak mengharuskan laporan arus kas.

           

            Perusahaan yang mencatatkan sahamnya harus menyusun laporan keuangan sesuai dengan Undang-undang Pasar Modal (SEL) yang secara umum mewajibkan laporan keuangan dasar yang sama dengan hukum komersial ditambah dengan laporan arus kas. Namun menurut SEL laporan keuangan konsolidasi yang utama bukan laporan keuangan induk perusahaan. Laporan keuangan dan skedul yang disusun sesuai dengan SEL harus diaudit oleh auditor independen. Ramalan arus kas untuk 6 bulan kedepan dimasukkan sebagai informasi tambahan dalam laporan kepada Kementerian Keuangan. Laporan ramalan lainnya juga dilaporkan. Secara keseluruhan, jumlah pelaporan ramalan perusahaan sangat besar di Jepang. Namun informasi ini hanya dilaporkan dalam laporan wajib dan jarang sekali disajikan dalam laporan tahunan untuk pemegang saham.

 

Analisis Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur, Dagang, Jasa Yang Terdapat Di Negara Jepang Dengan Negara Indonesia

 

Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

 

Pt. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk

Canon, Inc

Format Laporan Keuangan

1. Laporan Posisi Keuangan Konsolidasian

2. Laporan Laba Rugi Komprehensif Konsolidasian

3. Laporan Perubahan Ekuitas Konsolidasian

4. Laporan Arus Kas Konsolidasian

5. Catatan Atas Laporan Keuangan Konsolidasian

1. Consolidated Balance Sheets

2. Consolidated Statements of Income

3. Consolidated Statements of Comprehensive Income

4. Consolidated Statements of Equity

5. Consolidated Statements of Cash Flow

6. Notes to Consolidated Financil Statements

Consolidated Balance Sheets

Tidak ada perbedaan

Tidak ada perbedaan

Consolidated Statements of Income

Tidak ada

Berisi tentang laba bersih, laba operasional, pajak penghasilan, dan kas deviden.

Consolidated Statements of Comprehensive Income

Berisi tentang penjualan neto, beban poko penjualan, laba komprehensif tahun berjalan, dan laba persaham yang didistribusikan.

Berisi tentang pendapatan konsolidasi dan pendapatan konsolidasi yg didistribusikan.

Consolidated Statements of Equity

 

Berisi tentang pembagian deviden dan laba tahun berjalan.

Berisi tentang laba tahun berjalan dan pendapatan komprehensif.

Consolidated Statements of Cash Flow

Tidak ada perbedaan

Tidak ada perbedaan

Notes to Consolidated Financil Statements

Tidak ada perbedaan

Tidak ada perbedaan

 

Link laporan keuangan untuk Pt. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk : http://www.indofoodcbp.com/portals/1/AR/ICBP%202012_web.pdf

Link untuk laporan keuangan Canon, Inc : http://www.canon.com/ir/annual/2012/report2012.pdf

 

Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

 

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (Alfamart)

Lawson, inc

Format Laporan Keuangan

1. Laporan Posisi Keungan Konsolidasian

2. Laporan Laba Rugi Komprehensif Konsolidasian

3. Laporan Perubahan Ekuitas Konsolidasian

4. Laporan Arus Kas Konsolidasian

5. Catatan Atas Laporan Keuangan Konsolidasian

1. Consolidated Balance Sheets

2. Consolidated Statements of Income

3. Consolidated Statements of Comprehensive Income

4. Consolidated Statements of Changes in Equity

5. Consolidated Statements of Cash Flows

6. Notes to Consolidated Financial Statements

Consolidated Balance Sheets

Tidak ada perbedaan

Tidak ada perbedaan

Consolidated Statements of Income

Tidak ada

Berisi tentang pendapatan usaha, biaya dan beban usaha, pajak penghasilan, dan laba bersih

Consolidated Statements of Comprehensive Income

Berisi tentang penjualan neto, beban pokok penjualan laba bruto, laba, pendapatan komprehensif lain, laba komprehensif tahun berjalan, dan laba persaham dasar.

Berisi tentang pendapatan bersih sebelum hak minoritas, pendapatan komprehensif alinnya, dan laba komprehensif yang didistribusikan.

Consolidated Statements of Changes in Equity

Berisi tentang laba tahun berjalan dan deviden kas

Berisi tentang laba tahun berjalan dan pendapatan bersih.

Consolidated Statements of Cash Flows

Tidak ada perbedaan

Tidak ada perbedaan

Notes to Consolidated Financial Statements

Tidak ada perbedaan

Tidak ada perbedaan

 

Link laporan keuangan untuk PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (Alfamart) : http://corporate.alfamartku.com/data/File/Annual%20Report%20SAT%20(2012.pdf

Link laporan keuangan untuk Lawson, inc : http://tools.euroland.com/arinhtml/jp-law/2012/ar_eng_2012/DownloadFile/AR_ENG_2012_o.pdf

 

Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

 

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk

Central Japan Railway Company

Format Laporan Keuangan

1. Laporan Posisi Keuangan Konsolidasian

2. Laporan Laba Rugi Komprehensif Konsolidasian

3. Laporan Perubahan Ekuitas Konsolidasian

4. Laporan Arus Kas Konsolidasian

5. Catatan Atas Laporan Keuangan Konsolidasian

1. Consolidated Balance Sheets

2. Consolidated Statements of Income

3. Consolidated Statements of Comprehensive Income

4. Consolidated Statements of Changes in Equity

5. Consolidated Statements of Cash Flows

6. Notes to Consolidated Financial Statements

Consolidated Balance Sheets

Tidak ada perbedaan

Tidak ada perbedaan

Consolidated Statements of Income

 

Tidak ada

Berisi tentang beban usaha, beban lain-lain, pajak penghasilan, dan laba bersih.

Consolidated Statements of Comprehensive Income

 

Berisi tentang pendapatan, laba usaha, laba sebelum pajak penghasilan, (beban) manfaat pajak pengahasilan, laba tahun berjalan, pendapatan (beban) komprehensif lain, jumlah laba komprehensif tahun berjalan, dan laba persaham dasar dan dilusian.

Berisi tentang pendapatan komprehensif lain dan yang diatribusikan.

Consolidated Statements of Changes in Equity

 

Berisi tentang pendirian entitas anak, deviden kas, laba (rugi) komprehensif tahun berjalan.

Berisi tentang pendapatan dan deviden tahun sebelumnya dan tahun sekarang

Consolidated Statements of Cash Flows

Tidak ada perbedaan

Tidak ada perbedaan

Notes to Consolidated Financial Statements

Tidak ada perbedaan

Tidak ada perbedaan

 

Link laporan keuangan untuk PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk : http://www.telkom.co.id/download/File/UHI/2013/AR2012/Telkom_Indonesia2012.pdf

Link laporan keuangan untuk Central Japan Railway Company : http://english.jr-central.co.jp/company/ir/annualreport/_pdf/annualreport2012.pdf

 

Sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/Tokyo_Stock_Exchange

http://israhayati.wordpress.com/2011/07/29/standar-akuntansi-jepang/

http://donnyhasian.wordpress.com/2013/03/30/tugas-akuntansi-international-minggu-ke-3/

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s